July 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Kampong Seraong: Sinergi Budaya dan Ekonomi Kreatif di HUT Desa Jembayan Tengah

1 min read

Suasana Festival Kampong Seraong Jembayan Tengah

Infoalima.com, TENGGARONG – Menandai perayaan Hari Ulang Tahun ke-18 Desa Jembayan Tengah, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) menghadirkan Festival Kampong Seraong. Festival yang berlangsung dari 5 hingga 10 Juni 2024 ini, menjadi ajang sinergi budaya dan ekonomi kreatif yang memperkenalkan kekayaan lokal kepada masyarakat luas.

Zikri Umulda, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar Kukar, menekankan bahwa festival ini adalah wujud nyata dari etalase kebudayaan dan kemasyarakatan.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan ruang kreatif yang harmonis, yang melibatkan sub-sektor ekonomi kreatif seperti kriya dan kuliner,” ujar Zikri pada Kamis (6/6/2024).

Dengan dukungan penuh dari Dispar Kukar, festival ini diisi dengan pertunjukan kesenian, bazar, dan berbagai perlombaan yang menarik. Festival ini juga melibatkan UMKM sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Festival ini penting untuk melestarikan budaya lokal dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” tutur Zikri.

Festival Kampong Seraong menawarkan berbagai kegiatan yang menarik, seperti pentas kesenian, pawai, perlombaan, bazar, Zumba, doorprize, serta pertunjukan Seni Adat Seraung dan Seni Adat Topeng Pantul. Workshop pembuatan seraong, lomba gasing, dan lomba azan untuk anak-anak juga menjadi bagian dari festival ini.

Diharapkan, Festival Kampong Seraong dapat menjadi daya tarik wisata baru di Kukar dan mendorong perekonomian masyarakat setempat, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal di kancah yang lebih luas. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *