July 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Desa Wisata Pentingsari: Cerminan Keberhasilan Pariwisata Berbasis Komunitas

2 min read

Suasana studu tiru di Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam upaya memajukan pariwisata desa yang inklusif dan berkelanjutan, 12 pemenang Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 telah melakukan studi tiru ke Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta. Desa ini, yang telah meraih penghargaan Asean Tourism Award 2023, menjadi bukti nyata dari keberhasilan pariwisata berbasis komunitas.

Studi tiru yang dilakukan oleh para pemenang ATWI Kukar ini merupakan langkah strategis dalam mengadopsi dan menerapkan praktik terbaik yang telah berhasil di Desa Pentingsari. Dengan semangat yang tinggi dan kerja sama yang erat, diharapkan desa-desa wisata di Kukar dapat berkembang dan menjadi destinasi wisata yang unggulan di Indonesia.

“Kami ingin belajar dari Pentingsari, bagaimana mereka bisa berkembang menjadi desa wisata yang maju dan mendunia,” ucap Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dispar Kukar, Minggu (9/6/2024)

Dalam studi tiru ini, para pemenang ATWI Kukar mendapatkan wawasan tentang pentingnya membangun branding yang kuat untuk desa wisata.

“Branding sangat penting untuk menciptakan identitas yang kuat dan membedakan desa wisata kita dari yang lain,” ujar Cipaningtias, pengurus BUMDES Desa Pentingsari.

Sinergitas dan kolaborasi antar berbagai pihak juga menjadi fokus utama dalam studi tiru ini.

“Kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat penting untuk membangun desa wisata yang sukses,” tambah Cipaningtias.

Pengalaman wisata yang menarik dan berkesan bagi wisatawan juga menjadi salah satu pilar penting. Desa Pentingsari menawarkan berbagai kegiatan wisata yang menarik, seperti trekking, jeep wisata, dan edukasi budaya, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan studi tiru ini, para pemenang ATWI Kukar diharapkan dapat membawa pulang ilmu dan inspirasi yang akan menjadi benih pertumbuhan untuk pariwisata desa di Kukar. Mereka berambisi untuk tidak hanya mengukir nama Kukar di peta wisata Indonesia, tetapi juga menciptakan identitas yang khas dan pengalaman yang memukau bagi para wisatawan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *