June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

“Bekesahan” di Kukar: Sinergi Pemerintah dan Pelaku Ekraf dalam Dialog Kreatif

2 min read

“Bekesahan” di Pendopo Bupati Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah progresif dengan mengadakan “Bekesahan”, sebuah forum dialog terbuka yang menghubungkan pemerintah dengan para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Kukar. Pertemuan yang berlangsung, Selasa, (21/5/2024), di Pendopo Bupati Kukar, ini menjadi titik temu penting bagi para pelaku Ekraf untuk menyampaikan aspirasi dan berdiskusi tentang pengembangan sektor kreatif.

Dalam acara yang dipimpin oleh Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, dan dihadiri oleh para kepala bidang serta Plt Kepala DiskopUKM Taufik, “Bekesahan” membuka peluang diskusi yang konstruktif. Bertema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif di Lingkungan Kabupaten Kukar”, forum ini bertujuan untuk menciptakan solusi konkret yang akan memperkuat Ekraf di Kukar.

“Ini adalah bentuk dari upaya kami untuk menjemput bola, mendengarkan langsung dari para pelaku Ekraf. Forum ini memungkinkan mereka untuk berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan Dispar atau OPD lain untuk memajukan usaha mereka,” ujar Sugiarto.

Acara ini juga menjadi sarana sosialisasi dari salah satu misi pembangunan daerah Kukar IDAMAN, yaitu “Memperkuat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”. Dispar Kukar menekankan pentingnya pengembangan 17 subsektor Ekraf yang ada di Kukar, sebagai bagian dari strategi pemberdayaan ekonomi lokal.

Sugiarto menegaskan bahwa “Bekesahan” akan menjadi agenda rutin, dengan rencana melibatkan lebih banyak pihak untuk membahas isu-isu spesifik terkait Ekraf.

“Kami berharap diskusi ini akan menghasilkan catatan resmi yang dapat ditindaklanjuti oleh Dispar dan dinas terkait, sebagai bentuk komitmen kami untuk memenuhi keinginan masyarakat, khususnya komunitas Ekraf Kukar,” tutupnya.

Respon positif datang dari para pelaku Ekraf yang hadir. Mereka berharap bahwa dialog ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk mendorong kemajuan dan pemberdayaan sektor Ekraf di Kukar, sejalan dengan visi pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *