June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Upaya Kutai Kartanegara Melawan Stunting dengan Gerakan Gerimis

2 min read

Upaya pencegahan stunting di Kutai Kartanegara, Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang Kukar) telah memperkenalkan program Gerakan Gemar Minum Susu atau Gerimis.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Ketahanan Pangan Kutai Kartanegara (Disketapang Kukar) terus berinovasi dengan program Gerakan Gemar Minum Susu (Gerimis), yang ditujukan untuk siswa-siswi sekolah dasar dalam rangka pencegahan stunting. Program yang sedang berlangsung ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mengatasi masalah stunting yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sutikno, Kepala Disketapang Kukar, menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan gizi dan kesehatan anak-anak.

“Kami fokus pada anak-anak yang kurang berkesempatan untuk minum susu setiap hari, terutama bagi mereka yang berada di kelas satu hingga tiga,” ungkap Sutikno.

Program Gerimis menyediakan telur dan susu sebagai sumber protein dan kalsium yang vital bagi pertumbuhan anak. Sutikno menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari strategi pencegahan stunting yang komprehensif, yang telah dimulai sejak 2023 dan berhasil menjangkau 20 kecamatan di Kutai Kartanegara.

“Di tahun 2024, kami telah memperluas jangkauan ke delapan sekolah di lima kecamatan, dengan distribusi telur dan susu kepada 50 anak di setiap sekolah,” tambah Sutikno.

Evaluasi yang dilakukan secara berkala menjadi kunci untuk memastikan program ini berjalan efektif dan dapat berkembang lebih lanjut. Disketapang Kukar melakukan evaluasi berdasarkan tanggapan masyarakat dan hasil pemantauan yang dilakukan.

Sutikno menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan kontribusi yang signifikan untuk menurunkan angka stunting di Kutai Kartanegara melalui program-program inovatif seperti Gerimis. Dengan distribusi telur dan susu yang teratur, Disketapang Kukar menunjukkan keseriusan dalam memberikan perhatian pada kesehatan dan gizi anak-anak.

“Program ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif dalam jangka pendek, tetapi juga membantu menciptakan generasi muda yang sehat dan kuat untuk masa depan,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *