June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar dan Festival Etam Begenjoh: Menyongsong IKN dengan Kebudayaan yang Memukau

2 min read

Berbagai kuliner Kukar ditampilkan di Festival Etam Begenjoh Malang

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam menyambut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kutai Kartanegara (Kukar) telah menampilkan sebuah perhelatan budaya yang spektakuler melalui Festival Etam Begenjoh yang berlangsung di Kota Malang pada tanggal 18 Mei 2024. Festival ini merupakan hasil kerjasama yang erat antara Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, dan para mahasiswa Kukar yang tengah menimba ilmu di Malang.

Sugiarto, Pelaksana tugas Kepala Dispar Kukar, menyatakan bahwa festival ini adalah bagian dari strategi promosi untuk memperkenalkan Kukar sebagai wilayah penyangga IKN yang tidak hanya strategis, tetapi juga kaya akan budaya dan tradisi.

“Kami ingin memastikan bahwa Kukar dikenal luas sebagai destinasi yang menarik bagi wisatawan,” ujar Sugiarto, Senin (20/5/2024).

Festival Etam Begenjoh, yang berlangsung dengan penuh warna dan kekayaan budaya, menjadi ajang yang sempurna bagi Kukar untuk menunjukkan keunikan dan kekayaan tradisi yang dimiliki.

“Ini adalah kesempatan kami untuk menunjukkan bahwa Kukar adalah wilayah yang kaya akan warisan budaya dan siap menyambut para wisatawan dengan tangan terbuka,” tambah Sugiarto.

Aji Ali Husni, Kepala Dispora Kukar, menegaskan bahwa festival ini juga menjadi platform untuk memperkenalkan olahraga tradisional Kukar kepada masyarakat luas.

“Kami bangga dapat memperlihatkan olahraga tradisional seperti gasing, belogo, bakiak, dan enggarang, yang merupakan bagian dari identitas Kukar,” kata Husni.

Husni berharap bahwa festival ini akan meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap olahraga tradisional Kukar, tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Kami ingin olahraga tradisional ini terus hidup dan dikenal oleh generasi mendatang,” ucapnya.

Kedua kepala dinas tersebut juga menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada mahasiswa Kukar di Malang yang telah berinisiatif dan berkontribusi dalam penyelenggaraan festival ini.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan dedikasi mereka dalam mempromosikan Kukar,” ungkap mereka berdua.

Festival Etam Begenjoh telah membuktikan bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah, mahasiswa, dan masyarakat dapat menciptakan event yang tidak hanya meriah, tetapi juga penuh makna. Festival ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Kukar untuk terus berkembang dan bersinar, seiring dengan persiapan menyambut IKN baru yang akan membawa dampak signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan daerah. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *