June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Etam Begenjoh: Kukar Siap Menjadi Tuan Rumah IKN dengan Pesta Budaya

1 min read

Festival Etam Begenjoh

Infoalima.com, TENGGARONG – Dengan semaraknya Festival Etam Begenjoh yang berlangsung di Kota Malang pada 18 Mei 2024, Kutai Kartanegara (Kukar) menegaskan kesiapannya sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru. Festival ini tidak hanya menjadi ajang pertunjukan seni budaya yang meriah, tetapi juga sebagai sarana bagi mahasiswa Kukar di Malang untuk memperkenalkan kekayaan budaya kampung halaman mereka kepada masyarakat Jawa Timur.

Festival yang diadakan di Alun-alun Kota Malang ini menyuguhkan berbagai pertunjukan seni budaya Kukar, seperti tari tradisional, musik, dan permainan rakyat. Pengunjung festival juga dapat menikmati keanekaragaman kuliner khas Kukar serta berpartisipasi dalam lomba-lomba tradisional yang menambah keseruan acara.

Sugiarto, Plt Kepala Dispar Kukar, mengungkapkan bahwa festival ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam melestarikan budaya.

“Kami ingin memperkenalkan seni budaya Kutai ke Malang untuk menarik minat wisatawan dan memperluas pengenalan budaya kami,” ujar Sugiarto, Senin (20/5/2024).

Dia menambahkan bahwa Dispar Kukar akan terus berupaya mempromosikan budaya dan pariwisata Kukar ke berbagai daerah di Indonesia.

Festival Etam Begenjoh tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga membawa misi pelestarian budaya. Di tengah arus modernisasi, festival ini menjadi pengingat akan pentingnya melestarikan budaya lokal dan menginspirasi generasi muda untuk meneruskan warisan tersebut.

Inisiatif mahasiswa Kukar dalam mempromosikan budaya daerahnya melalui festival ini mendapatkan apresiasi yang tinggi.

“Festival Etam Begenjoh menjadi bukti bahwa semangat generasi muda dalam melestarikan budaya masih terjaga dengan kuat. Diharapkan ke depannya, festival ini akan terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan hal serupa dalam melestarikan dan mempromosikan budaya mereka,” tutupnya. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *