June 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pariwisata Alam Kukar: Membangun dari Bawah untuk Kemajuan Bersama

1 min read

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) kini tengah mengambil langkah strategis dalam memajukan pariwisata alam di daerah. Dengan melibatkan masyarakat setempat, Dispar Kukar berupaya memaksimalkan potensi yang ada, sekaligus memberdayakan ekonomi lokal.

Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan objek wisata, homestay, dan pengembangan kuliner menjadi fokus utama. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap potensi wisata di wilayahnya, sekaligus mempercepat pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan.

“Kami melihat pariwisata sebagai sektor yang potensial untuk dikembangkan,” kata Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, Kamis (2/5/2024).

Menurutnya, keberagaman potensi wisata alam di Kukar dapat menjadi daya tarik yang memperkenalkan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Saat ini, Dispar Kukar sedang berupaya mendata dan mengembangkan potensi wisata alam yang ada. Pengembangan ini akan disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan masyarakat, dengan prinsip pengembangan dari bawah.

“Pengembangan pariwisata harus tumbuh dari aspirasi masyarakat, bukan hanya dari kebijakan pemerintah,” tegas Sugiarto.

Ia menambahkan bahwa Dispar Kukar akan terus menjalin kolaborasi dengan para pemimpin daerah untuk memastikan bahwa pengembangan pariwisata alam berjalan sesuai dengan visi bersama.

“Kami bertekad untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan di Kabupaten Kukar dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Ini adalah langkah kami untuk menciptakan fondasi yang kuat bagi sektor pariwisata yang akan terus berkembang di masa depan,” pungkas Sugiarto. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *