June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Etam Begenjoh: Membangun Jembatan Budaya Kukar-Jatim

1 min read

Tanda mata dalam memperkenalkan budaya Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Menyusuri jejak budaya yang kaya, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) bersiap menghadirkan festival Etam Begenjoh di Alun-alun Kota Malang pada 18 Mei 2024. Festival ini, yang pertama kali diadakan di Malang, diharapkan menjadi medium yang efektif untuk memperkenalkan dan merayakan keanekaragaman budaya Kukar kepada masyarakat Jawa Timur.

Etam Begenjoh, yang dalam bahasa setempat berarti ‘Bersama dalam Kegembiraan’, diharapkan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan Kukar dan Jawa Timur, serta menjadi katalisator peningkatan kunjungan wisatawan ke Kukar.

“Kami telah melakukan koordinasi intensif dengan panitia dan kini persiapan telah mencapai 95 persen,” ungkap Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar, Kamis (2/5/2024).

Dengan detail yang kaya, Triyatma menggambarkan festival ini sebagai upaya strategis untuk menarik wisatawan dari Jawa Timur dan Makassar.

“Kedua wilayah ini merupakan sumber utama wisatawan yang datang ke Kukar,” jelasnya, menggambarkan pentingnya festival ini dalam peta pariwisata regional.

Festival ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menarik, mulai dari lomba olahraga tradisional, bazar UMKM, talk show budaya, talent show, hingga penampilan kesenian yang merefleksikan budaya keraton, pesisir, dan pedalaman Kukar.

“Harapan kami, Etam Begenjoh di Malang dapat berlangsung dengan lancar dan sukses, serta menjadi momen penting dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Kukar,” tutup Triyatma. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *