June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Tetapkan Jam Operasional Wisata Ramadan, Buka Pintu Lebar untuk Pengunjung

1 min read

Kabid Pengelolaan Obyek dan Sarana Kepariwisataan, Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta

Infoalima.com, TENGGARONG – Menyongsong bulan Ramadan yang penuh berkah, objek wisata di Kutai Kartanegara (Kukar) tidak menutup kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam dan budaya setempat. Dengan penyesuaian jam operasional, Kukar ingin memastikan bahwa kegiatan rekreasi dapat tetap berlangsung tanpa mengurangi esensi dari bulan suci ini.

M. Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kukar, menyampaikan bahwa objek wisata yang dikelola oleh pemerintah akan tetap buka dengan penutupan satu jam lebih awal.

“Kami telah menetapkan jam operasional baru sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kukar,” ujar Ridha, Rabu (13/3/2024).

Dengan kebijakan baru ini, objek wisata seperti Pulau Kumala, Planetarium Jagad Raya, Waduk Panji Sukarame, dan Pantai Tanah Merah Samboja akan menyambut pengunjung mulai pukul 08.00 WITA hingga 16.00 WITA.

“Ini adalah penyesuaian yang kami lakukan untuk menghormati bulan Ramadan,” tambah Ridha.

Sementara itu, untuk objek wisata yang dikelola oleh pihak swasta, Ridha menegaskan bahwa mereka mungkin akan menyesuaikan jam operasional berdasarkan kebijakan internal masing-masing. Namun, ia mengakui bahwa terdapat penurunan kunjungan selama bulan puasa.

“Masyarakat cenderung lebih fokus pada kegiatan ibadah,” tuturnya.

Penyesuaian jam operasional ini diharapkan dapat memberikan keseimbangan antara kebutuhan rekreasi dan kegiatan spiritual selama Ramadan, sekaligus menunjukkan komitmen Kukar dalam menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menikmati waktu luang mereka dengan bijaksana. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *