May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Gandeng OPD Lain untuk Percepat Pembangunan Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggandeng OPD lain untuk mempercepat pembangunan desa. Hal ini disampaikan oleh Kepala DPMD Kukar Arianto dalam Forum Lintas Perangkat Daerah yang berlangsung di Ruang Serbaguna Bappeda Kukar, Rabu (13/3/2024).

“Kerja sama dengan OPD lain sangat penting untuk mengatasi berbagai permasalahan di desa, seperti akses desa yang terisolasi, elektrifikasi desa, dan akses sarana pendidikan,” ungkap Arianto.

Lebih lanjut, Arianto menjelaskan bahwa DPMD telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk peningkatan kualitas jalan desa, Dinas Pendidikan untuk pembangunan sekolah, dan Dinas Kesehatan untuk penyediaan tenaga kesehatan.

“DPMD juga akan mendorong pengembangan BUMDesa dan meningkatkan pendapatan desa dengan menggandeng Dinas Koperasi dan UKM,” imbuhnya.

Arianto optimis bahwa dengan kerjasama semua pihak, pembangunan desa di Kukar dapat berjalan lebih cepat dan merata.

Ada 7 desa persiapan yang akan dimekarkan nantinya di pimpin sementara oleh Penjabat Kepala Desa (Pj Kades sebelum ada kepala desa difinitif. Tugas Pj Kades menjalankan pelayanan dan mempersiapkan prasarana kantor desa, balai pertemuan maupun mengurus administrasi kependidikan.

“Pihak DPMD Kukar akan mendampingi untuk proses pemekaran tersebut agar bisa berjalan dengan baik,” terangnya

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *