July 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Planetarium Jagad Raya Tenggarong: Mengungkap Rahasia Kosmos di Kalimantan Timur

1 min read

Skymaster ZKP-3.

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern, Planetarium Jagad Raya Tenggarong berdiri sebagai bastion pengetahuan, mengajak masyarakat untuk mengeksplorasi misteri-misteri alam semesta. Sebagai destinasi wisata edukasi yang telah menarik perhatian sejak dibuka, planetarium ini menjadi saksi bisu perkembangan minat astronomi di Kalimantan Timur.

Dari lobi yang menyimpan mesin proyektor Skymaster ZKP-3, yang telah mengabdi sejak tahun 2003 hingga 2013, pengunjung diajak untuk melangkah lebih jauh dalam perjalanan antariksa.

“Proyektor ini merupakan bagian dari sejarah kami, dan kini kami telah beralih ke teknologi yang lebih maju,” ujar Wedy Handoko, Operator Planetarium, Sabtu (8/6/2024).

Dengan Planetarium Digistar 7, teknologi digital terbaru dari Amerika Serikat, Planetarium Jagad Raya menawarkan pengalaman yang lebih mendalam dan memukau. Gambar dan animasi yang ditampilkan kini lebih hidup, membawa pengunjung seolah-olah terhanyut dalam keindahan kosmos.

“Kami terus memperbarui pertunjukan dengan tema yang beragam, dari astronomi dasar hingga fenomena alam semesta yang menakjubkan,” jelas Wedy.

Ini adalah upaya planetarium untuk terus menarik minat pengunjung dari segala usia. Lebih dari sekadar tempat wisata, Planetarium Jagad Raya telah menjadi pusat astronomi dan pendidikan di Kalimantan Timur.

“Selain itu, kami juga memiliki taman tata surya, diorama foto, teater bintang, dan teropong bintang yang siap memanjakan para pengunjung,” tutur Wedy. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *