July 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kutai Kartanegara: Menggali Potensi Wisata di Kota Bangun

1 min read

Wisata Danau Tanjung Serai Kota Bangun.

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah hiruk-pikuk pembangunan dan modernisasi, terdapat permata tersembunyi di Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dua objek wisata, Danau Tanjung Serai dan Desa Wisata Pela, telah muncul sebagai titik terang dalam upaya pengembangan pariwisata daerah.

Dengan keindahan alam yang masih asri dan budaya lokal yang kental, kedua destinasi ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Pengelolaan yang efektif dan promosi yang strategis telah menempatkan Danau Tanjung Serai dan Desa Wisata Pela pada peta wisata regional.

“Pengelolaan oleh Pokdarwis telah membawa kedua tempat ini ke tingkat prestasi yang membanggakan,” ungkap Abdul Karim, Sekretaris Camat Kota Bangun, Sabtu (8/6/2024).

Prestasi tersebut termasuk pengakuan nasional yang diperoleh Desa Wisata Pela pada tahun 2023 dan penghargaan Kalpataru yang baru-baru ini diterima pada tahun 2024.

Dampak ekonomi dari keberadaan kedua objek wisata ini tidak bisa diabaikan. Masyarakat lokal, khususnya para pelaku usaha, telah merasakan peningkatan pendapatan yang signifikan.

“Kami berharap ini akan terus berlanjut dan berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar,” kata Abdul Karim.

Pemerintah setempat, melalui koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kukar, terus mendorong Pokdarwis untuk meningkatkan kualitas pengelolaan.

“Kami juga mengajak desa-desa lain di Kota Bangun untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi wisata mereka,” tegas Abdul Karim. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *