July 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Eroh Bebaya: Karya Budaya Kutai Kartanegara yang Mekar di Yogyakarta

2 min read

Staf Ahli Bidang Umum Pemkab Kukar, Heldiansyah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dengan semangat yang tak kunjung padam, Ikatan Pelajar Mahasiswa Kutai Kartanegara (IPM Kukar) di Yogyakarta kembali menyelenggarakan festival Eroh Bebaya. Perhelatan yang telah memasuki edisi ke-6 ini berlangsung di Lapangan Denggung, Sleman, Yogyakarta, pada 8-10 Juni 2024, dan berhasil menarik perhatian publik yang luas.

Eroh Bebaya, yang dalam bahasa Kutai berarti ‘Hari Berpakaian Adat’, merupakan sebuah upaya dari IPM Kukar untuk mengangkat dan memperkenalkan kembali kekayaan seni budaya asal Kutai Kartanegara. Festival ini dipenuhi dengan pertunjukan seni yang mempesona, perlombaan olahraga tradisional, serta pameran UMKM yang melibatkan OPD terkait.

Pembukaan festival ini diresmikan dengan pukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Umum Pemkab Kukar, Heldiansyah, yang bertindak mewakili Bupati Edi Damansyah. Dalam sambutannya, Heldiansyah menegaskan bahwa Eroh Bebaya ke-6 ini merupakan bagian dari visi Kabupaten Kukar untuk memperkaya diri dengan serangkaian festival.

Tradisi Eroh Bebaya sendiri sangat erat kaitannya dengan sejarah sosial masyarakat Kutai, dimana rakyat Kerajaan Kutai Kartanegara dahulu kala selalu terlibat dalam berbagai bentuk hiburan dan perayaan.

“Kami ingin nilai-nilai tersebut tetap hidup dan terus diwariskan melalui festival ini,” ucap Heldiansyah.

Festival ini juga menjadi bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman, yang bertema ‘Kukar Kaya Festival’. Program ini menggabungkan unsur adat dan budaya tradisional suku Kutai dan Dayak dengan inovasi seni modern yang ada di Kabupaten Kukar.

“Kami tidak hanya menyajikan pertunjukan seni, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk-produk andalan Kukar,” tambah Heldiansyah.

Pemkab Kukar memberikan apresiasi kepada IPM Kukar Yogyakarta atas keberhasilan penyelenggaraan Eroh Bebaya yang ke-6. Kerja sama yang baik dengan Pemkab Sleman dan berbagai pihak lainnya menjadi kunci sukses acara ini, yang terbukti dari antusiasme pengunjung yang memadati acara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini,” kata Heldiansyah, mewakili Pemkab Kukar.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kukar, Kepala Inspektorat, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, dan perwakilan OPD lainnya.

Festival Eroh Bebaya tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga sebagai lambang dari kekayaan budaya Kutai Kartanegara yang harus dipelihara dan dipromosikan. Harapan besar tersemat agar festival ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Kukar, menikmati keramahan budayanya, serta keindahan alam yang ditawarkan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *