July 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Samboja Barat, Pintu Gerbang Wisata di Era IKN Kalimantan Timur

2 min read

Wisata Bukit Bengkirai Samboja Barat.

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah pergeseran monumental dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, Samboja Barat, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, mulai mengukir namanya sebagai destinasi wisata yang berpotensi besar.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, dengan penuh keyakinan menyampaikan bahwa wilayahnya siap menjadi sorotan baru bagi para pencinta wisata.

“Kami memiliki segudang potensi yang siap kami tawarkan kepada dunia, dari keindahan alam yang mempesona hingga kekayaan budaya yang autentik,” ujar Burhanuddin, Jumat (7/6/2024).

Proksimitas dengan IKN menambah nilai strategis bagi Samboja Barat untuk berkembang sebagai magnet wisata baru. Burhanuddin menegaskan bahwa pengembangan pariwisata di wilayahnya bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat.

“Ini bukan hanya soal wisata, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa meningkatkan kualitas hidup warga kami,” tuturnya.

Sugiarto, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, juga menyuarakan dukungannya.

“Pariwisata akan menjadi motor penggerak ekonomi baru, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Sugiarto.

Dispar Kukar siap mendampingi pemerintah kecamatan dalam mewujudkan potensi ini.

Samboja Barat diberkahi dengan keindahan alam yang memukau, mulai dari hutan hujan tropis yang masih asri, sungai yang jernih, hingga pantai yang menawan. Keberagaman budaya, khususnya dari Suku Dayak, menambah kekayaan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Festival budaya dan pertunjukan seni tradisional menjadi jendela bagi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang kebudayaan lokal.

Pemerintah daerah berinisiatif untuk memperbaiki akses menuju Samboja Barat, dengan Bandara Internasional Samarinda yang berfungsi sebagai gerbang utama bagi wisatawan.

“Pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan juga terus diprioritaskan untuk memperlancar mobilitas ke dan dari Samboja Barat,” pungkasnya.

Pengembangan pariwisata di Samboja Barat juga membuka kesempatan emas bagi para investor. Pembangunan hotel, restoran, dan fasilitas pendukung lainnya menjadi lahan investasi yang menjanjikan. Ini bukan hanya tentang bisnis, tapi juga tentang bagaimana kita bisa bersama-sama memajukan ekonomi lokal.

Dengan dukungan yang kuat dan potensi yang melimpah, Samboja Barat siap mengukir sejarah sebagai pusat wisata baru yang gemilang di Kalimantan Timur. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *