June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kewaspadaan Kebakaran saat Ramadan, Ini Inisiatif Disdamkarmatan Kukar

2 min read

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani mengungkapkan bahwa patroli keamanan telah ditingkatkan selama Ramadan.

Infoalima.com, Tenggarong – Menyongsong bulan suci Ramadan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko kebakaran. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Disdamkarmatan Kukar untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan warga selama menjalankan ibadah puasa.

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani menyampaikan bahwa patroli keamanan telah ditingkatkan, khususnya di jam-jam krusial seperti saat sahur, berbuka puasa, dan salat tarawih. “Kami menggunakan kendaraan roda empat dengan pengeras suara untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi kebakaran,” ujar Fida.

Fida menegaskan bahwa aktivitas memasak saat sahur dan berbuka, serta kegiatan lain yang meninggalkan rumah saat tarawih, menjadi momen yang rentan terhadap kelalaian yang bisa berujung pada kebakaran. “Kami mengimbau masyarakat untuk selalu memeriksa kompor dan instalasi listrik sebelum meninggalkan rumah atau sebelum tidur,” tambahnya.

Patroli keamanan ini tidak hanya dilakukan di Tenggarong, tetapi juga merambah ke kecamatan dan kelurahan/desa lain di Kukar. Fida menjelaskan, “Kami bekerja sama dengan para relawan untuk menjalankan patroli imbauan di kecamatan, sebagai bentuk sinergi pencegahan kebakaran.”

Selain patroli, Disdamkarmatan Kukar juga gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya pencegahan kebakaran. “Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana tindakan pencegahan sederhana dapat menghindari kerugian yang lebih besar,” kata Fida.

Fida mengingatkan bahwa kebakaran sering kali disebabkan oleh human error, dan dengan meningkatkan kewaspadaan, musibah tersebut dapat dihindari. Disdamkarmatan Kukar berharap dapat meminimalisir risiko kebakaran selama Ramadan, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan aman.

“Kami berharap dengan upaya ini, Ramadan di Kukar dapat berjalan dengan lancar tanpa insiden yang tidak diinginkan,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *