July 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Budaya Nusantara Kukar: Membangun Jembatan Budaya Menuju Kemajuan Ekonomi

2 min read

Pertunjukan seni budaya lokal di Festival Budaya Nusantara 2023

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) tengah mempersiapkan sebuah agenda budaya yang ambisius, Festival Budaya Nusantara, yang akan dihelat pada bulan Juli. Festival ini tidak hanya bertujuan untuk mengangkat budaya lokal ke permukaan kesadaran masyarakat luas, tetapi juga diharapkan menjadi katalis dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Pelaksana tugas Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, mengungkapkan bahwa festival ini akan melibatkan semua kecamatan di Kukar dan mengundang 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur (Kaltim).

“Festival ini akan menjadi ajang pameran budaya yang meriah, di mana para peserta akan menampilkan ragam budaya lokal, dari tarian hingga kerajinan tangan,” ujar Sugiarto, (6/6/2024).

Sugiarto menambahkan, Inisiatif ini merupakan bagian dari visi ‘Kukar Kaya Festival’ yang dicanangkan oleh Bupati Kukar.

“Kami juga telah merencanakan serangkaian kegiatan lain yang akan menyusul, termasuk perayaan ulang tahun Kota Tenggarong yang akan diisi dengan berbagai festival budaya,” tambahnya.

Dengan harapan besar, Sugiarto berambisi agar Festival Budaya Nusantara ini dapat menjadi ikon baru Kukar yang menarik minat wisatawan dari luar daerah untuk berkunjung.

“Kami ingin festival ini tidak hanya memperkaya kebudayaan kita, tetapi juga menjadi pendorong ekonomi daerah melalui peningkatan kunjungan wisatawan,” jelasnya.

Dispar Kukar berencana untuk berkolaborasi dengan komunitas budaya lokal dalam penyelenggaraan festival ini. Sugiarto juga mengajak seluruh masyarakat Kukar untuk berpartisipasi dan mendukung acara ini.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya lokal Kukar. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa kebudayaan kita akan semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat luas,” ajak Sugiarto.

Festival Budaya Nusantara diharapkan menjadi langkah maju dalam upaya pelestarian dan promosi budaya lokal, sekaligus menjadi pendorong ekonomi daerah melalui peningkatan kunjungan wisatawan yang berdampak pada PAD Kukar. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *