July 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

“Pelatihan Fotografi Kukar: Mengukir Masa Depan Pariwisata di Bayang-Bayang IKN”

2 min read

Suasana Pelatihan dan Sertifikasi Fotografi

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengambil langkah strategis dengan menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Fotografi. Kegiatan ini, yang berlangsung pada 5-6 Juni 2024 di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari perwakilan kecamatan dan Tenaga Harian Lepas (THL) Dispar Kukar.

Dibuka oleh Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, bersama dengan Antoni Kusbiantoro, Kabid Pembinaan Industri Pariwisata, dan Triyatma, Kabid Pemasaran Pariwisata, pelatihan ini merupakan respons terhadap dinamika baru yang ditimbulkan oleh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

“Pelatihan ini adalah upaya kami untuk meningkatkan kualitas SDM Pariwisata di Kukar, sekaligus menjawab tantangan yang muncul bersamaan dengan perkembangan IKN,” ujar Sugiarto, Rabu (5/6/2024).

Antoni Kusbiantoro menambahkan bahwa sertifikasi ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan kemampuan serta meningkatkan kapasitas SDM Pariwisata di daerah masing-masing.

“Kami berharap, setelah mengikuti sertifikasi ini, peserta dapat mengembangkan SDM Fotografi, meningkatkan kompetensi fotografi, dan mendapatkan pengakuan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini,” ungkap Antoni.

Selama dua hari, peserta pelatihan mendalami berbagai aspek fotografi, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga pengolahan hasil foto. Uji kompetensi yang dilakukan pada hari kedua menjadi penentu bagi peserta dalam mendapatkan sertifikasi profesi fotografi yang diakui.

Lembaga Sertifikasi Profesi Fotografi Indonesia (LSPFI) turut serta dalam kegiatan ini sebagai narasumber, membawa standar kompetensi yang diakui secara nasional.

“Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini, SDM Pariwisata di Kukar akan semakin profesional dan mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan internasional,” tutur Sugiarto.

Pelatihan dan Sertifikasi Fotografi ini diharapkan dapat menjadi salah satu pilar dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kukar, khususnya dalam memanfaatkan peluang yang dibawa oleh IKN. Dengan SDM yang berkualitas, Kukar siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan setiap peluang yang ada di era baru ini. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *