July 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Desa Kerta Buana: Menyulam Asa Pariwisata Budaya di Kalimantan Timur

2 min read

Desa Wisata Penglipuran Bali.

Infoalima.com, TENGGARONG – Desa Kerta Buana, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tengah mengukir asa untuk pariwisata budaya. Mengambil inspirasi dari Desa Penglipuran di Bali, desa ini berencana membangun taman wisata budaya, sebuah langkah yang diharapkan akan menggema ke seluruh penjuru sebagai simbol keberhasilan pariwisata berbasis budaya.

Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki, mengungkapkan kekagumannya terhadap Desa Penglipuran yang telah berhasil melestarikan budaya sambil menarik wisatawan dari berbagai penjuru.

“Kami terinspirasi oleh Desa Penglipuran dan ingin menciptakan sesuatu yang serupa di sini, di Desa Kerta Buana,” ujar Basuki, Sabtu (1/6/2024).

Rencana pembangunan taman wisata budaya ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan seni dan budaya di desa. Pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan seni tradisional, workshop kerajinan tangan lokal, hingga sajian kuliner khas desa.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang autentik kepada wisatawan. Kami ingin mereka mengenal lebih dekat kekayaan budaya Desa Kerta Buana,” tambanya.

Pembangunan taman wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Selain itu, taman ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pelestarian budaya lokal.

Basuki menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata budaya.

“Masyarakat adalah aset utama kami. Kami ingin mereka terlibat aktif dan mendapatkan manfaat dari pengembangan ini,” katanya.

Taman wisata Desa Kerta Buana diharapkan dapat menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan, dimana mereka tidak hanya menikmati pertunjukan seni dan budaya, tetapi juga berpartisipasi dalam kegiatan interaktif.

“Kami ingin wisatawan membawa pulang kenangan indah tentang Desa Kerta Buana dan budayanya yang kaya,” ujar Basuki.

Dengan pengembangan taman wisata budaya ini, Desa Kerta Buana bercita-cita menjadi destinasi wisata budaya baru di Kalimantan Timur, menarik wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

“Kami yakin Desa Kerta Buana memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata budaya populer. Kami berkomitmen mengembangkan desa ini secara berkelanjutan dan bertanggung jawab,” tutup Basuki. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *