July 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar dan IKN Nusantara: Sinergi Pariwisata untuk Masa Depan

2 min read

Ketua Adwindo Kukar, Catur Sefti Nanda Palinggi.

Infoalima.com, TENGGARONG – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur telah membuka babak baru bagi pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar). Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar, dengan semangat yang membara, tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Kukar, berkolaborasi erat dengan Dinas Pariwisata Kukar.

Dengan strategi yang matang dan kerjasama yang kuat, Adwindo Kukar penuh optimisme bahwa Kukar akan berkembang menjadi destinasi wisata pilihan di Kalimantan Timur. Mereka memanfaatkan momentum pembangunan IKN Nusantara sebagai peluang untuk menarik perhatian dan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

“IKN Nusantara tidak hanya menjadi proyek pembangunan, tetapi juga membuka kesempatan bagi Kukar untuk memperkenalkan pesona alam dan budaya yang kita miliki kepada lebih banyak orang,” kata Catur Sefti Nanda Palinggi, Ketua Adwindo Kukar, Sabtu (1/6/2024).

Catur menjelaskan bahwa kehadiran IKN Nusantara akan memberikan eksposur yang luas bagi Kukar, menjadikannya destinasi yang menarik bagi pengunjung.

“Kita berada di ambang pasar baru yang sangat potensial, dan persiapan yang matang adalah kunci,” tambahnya.

Selain itu, pengembangan pariwisata di Kukar juga sejalan dengan konsep ekowisata yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi. Ekowisata menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam dan merasakan kearifan lokal masyarakat Kukar.

“Dengan IKN, kita memiliki kesempatan besar untuk memperluas jangkauan pasar pariwisata Kukar,” ujar Catur.

Adwindo Kukar juga menggandeng berbagai komunitas dan organisasi pemuda di Kukar dalam upaya promosi ini. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas atraksi wisata di Kukar.

Fokus pada pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata, terutama pemandu wisata, menjadi prioritas Adwindo Kukar. Catur mengungkapkan rencana untuk mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi pemandu wisata, agar mereka dapat memberikan pelayanan yang profesional dan ramah kepada wisatawan.

“Kami bertekad untuk memastikan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung ke Kukar mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan,” tutup Catur.

Dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan, Adwindo Kukar berharap dapat memaksimalkan potensi pariwisata di Kukar dan memastikan bahwa setiap pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik selama berada di Kukar, sekaligus mendukung pembangunan IKN Nusantara yang berkelanjutan dan inklusif. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *