July 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kutai Kartanegara Gelar KFBN 2024, Upaya Pelestarian Budaya di Tengah Arus Globalisasi

2 min read

Poster Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengumumkan penyelenggaraan Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024, yang akan berlangsung dari 8 hingga 13 Juli. KFBN 2024 merupakan manifestasi dari upaya pelestarian budaya lokal yang kaya akan nilai-nilai tradisional, di tengah gempuran budaya global yang semakin intens.

Festival ini akan menampilkan berbagai kesenian nusantara yang diwakili oleh 23 kelompok paguyuban dan 53 sanggar seni dari 20 kecamatan di Kukar. Selain itu, KFBN 2024 juga akan dimeriahkan oleh perwakilan dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan 20 provinsi di Indonesia, menciptakan sinergi budaya yang harmonis dan memukau.

Acara akan diadakan di beberapa lokasi strategis di Tenggarong, seperti Taman Kota Raja, Amphitheater Tenggarong, dan Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, yang akan berubah menjadi panggung megah untuk memamerkan keindahan budaya Nusantara.

Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, menyampaikan harapannya terhadap festival ini.

“KFBN bukan hanya sekadar festival, tetapi juga merupakan misi kita untuk melestarikan budaya. Kami ingin generasi muda mengerti dan bangga akan kekayaan budaya yang kita miliki,” ujar Antoni, Jumat (31/5/2024).

Pendaftaran bagi peserta KFBN telah dibuka dan akan berakhir pada 10 Juni 2024. Dispar Kukar telah mengundang beberapa sanggar seni terpilih untuk menampilkan karya terbaik mereka dalam festival ini.

Antoni juga mengajak seluruh masyarakat di Kalimantan Timur untuk turut serta dalam KFBN 2024.

“Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan kekayaan budaya kita kepada dunia. Mari kita rayakan bersama,” tutupnya.

KFBN 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga sebagai momentum untuk meningkatkan perekonomian lokal. Dispar Kukar mengundang masyarakat luas untuk hadir dan menyaksikan langsung keberagaman budaya Nusantara yang akan dipertontonkan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *