June 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Menghubungkan Ekonomi Kukar dengan Pembangunan Jembatan Sebulu

2 min read

Camat Sebulu, Eddy Fachrudin menerangkan pembangunan Jembatan Sebulu bisa mendongkrak urusan ekonomi di daerahnya.

Infoalima.com, Tenggarong – Warga Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan sekitarnya akan segera menyambut pembangunan infrastruktur yang telah lama dinantikan. Tak lain, tak bukan ialah Jembatan Sebulu.

Camat Sebulu, Eddy Fachrudin, mengungkapkan optimisme tinggi terkait rencana pembangunan Jembatan Sebulu yang diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi perekonomian lokal. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pun telah mengonfirmasi rencana pembangunan jembatan yang bakal dimulai pada 2024 ini.

“Insyaallah dalam waktu dekat, sebelum atau sesudah lebaran pembangunan jembatan dimulai,” ucap Eddy dengan penuh harap.

Sebagai informasi, Jembatan Sebulu terletak di Desa Sebulu Modern. Kehadirannya dianggap sebagai solusi untuk mengatasi ketergantungan masyarakat setempat terhadap feri sungai yang selama ini menjadi satu-satunya cara untuk menyeberangi Sungai Mahakam. Dengan tarif feri yang mencapai Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp20 ribu untuk kendaraan roda empat.

“Pembangunan jembatan ini dilihat sebagai langkah yang akan mengurangi beban finansial warga,” terangnya.

Lebih dari itu, Eddy Fachrudin menekankan bahwa jembatan baru ini akan membuka peluang bagi pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sebulu.

“Efeknya sangat luar biasa jika jembatan ini sudah jadi dan dipastikan membawa manfaat besar bagi masyarakat Sebulu,” tuturnya.

Tak hanya itu, kata dia, pembangunan Jembatan Sebulu juga diharapkan dapat melancarkan aktivitas antar warga Kukar, Kutai Timur, dan Kutai Barat, mengingat lokasi strategis jembatan yang berada di tengah-tengah ketiga kabupaten tersebut. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar telah menyelesaikan persiapan awal, termasuk pembebasan lahan dan mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat.

Dengan pembangunan ini, akses warga menjadi semakin lancar, memungkinkan pertukaran barang dan jasa yang lebih efisien, serta memperkuat konektivitas antar wilayah. Komitmen Pemkab Kukar terhadap proyek ini menunjukkan dedikasi mereka dalam meningkatkan kualitas hidup warga. Jembatan Sebulu tidak hanya akan menjadi simbol kemajuan infrastruktur, tetapi juga harapan baru bagi masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Sebulu dan sekitarnya.

“Ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi Kukar dalam membangun infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warganya,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *