July 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Danau Semayang: Cerita dari Kalimantan yang Menginspirasi Dunia

1 min read

Wisata Desa Semayang, Kecamatan Kenohan.

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah gemerlapnya dunia yang serba cepat dan penuh dengan berita yang datang silih berganti, ada sebuah cerita yang layak untuk diceritakan, sebuah inspirasi dari Kalimantan Timur, dari Danau Semayang. Di sini, sebuah kelompok yang dikenal dengan nama Pokdarwis Dikmalestari Desa Semayang, telah menuliskan babak baru dalam narasi pelestarian lingkungan.

Cerita dari Danau Semayang adalah cerita tentang harapan, tentang bagaimana sebuah komunitas kecil dapat membuat perubahan besar. Ini adalah cerita yang menginspirasi, yang menunjukkan bahwa keindahan alam dan kebersihan lingkungan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dan bersama, kita semua dapat menuliskan cerita yang sama.

“Kami tidak hanya ingin Danau Semayang dikenal karena keindahannya, tetapi juga sebagai simbol dari komitmen kami terhadap lingkungan,” ungkap Mariatul Husna, ketua Pokdarwis Dikmalestari, Jumat (31/5/2024),

Dengan bantuan dari Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) dan Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim), mereka telah memulai perjalanan untuk mengubah cara masyarakat memandang sampah.

“Pelatihan dan bantuan yang kami terima telah membuka mata kami, dan kini kami bergerak dengan pengetahuan dan kapasitas yang lebih baik dalam mengelola sampah,” tutur Husna.

Sosialisasi dan edukasi menjadi senjata utama mereka, bukan hanya untuk menjaga kebersihan danau, tetapi juga untuk mengubah mindset masyarakat sekitar. Dan upaya mereka tidak sia-sia, M Ridha Fatrianta, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, memberikan dukungannya kepada Pokdarwis Dikmalestari.

“Ini adalah langkah yang vital, dan kami akan terus mendukung inisiatif seperti ini,” pungkasnya. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *