June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

“Susur Budaya” di Pantai Panrita Lopi: Kukar Gelombang Baru Pariwisata dan Budaya

2 min read

Acara “Susur Budaya” di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) telah mengambil langkah signifikan dalam mempromosikan pariwisata dan budaya daerah dengan suksesnya penyelenggaraan “Susur Budaya”. Acara yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, dari 24 hingga 26 Mei 2024, ini menandai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk mengangkat potensi wisata dan budaya yang dimiliki.

Plt Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, menyampaikan bahwa event ini merupakan bagian dari strategi Pemkab Kukar dalam mendukung sektor pariwisata.

“Kami berupaya untuk tidak hanya fokus pada pengembangan desa wisata tetapi juga memperkaya atraksi wisata yang kami miliki,” ujar Sugiarto, Minggu (26/5/2024).

Sugiarto menambahkan bahwa dukungan penuh akan terus diberikan oleh Pemkab Kukar untuk penyelenggaraan event serupa dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menjadi wadah bagi para pelaku seni budaya di Kukar,” tuturnya.

“Susur Budaya” melibatkan berbagai komunitas di Kukar, khususnya dari Kecamatan Muara Badak, dengan kegiatan yang mencakup Jelajah Budaya, Camping Seru, Outbound, Hiburan, dan Zumba. Acara ini juga menjadi momen penting bagi pelantikan generasi muda yang tergabung dalam Pengurus Anak Cabang (PAC) Adwindo Kecamatan Muara Badak.

Ketua DPC Adwindo Kukar, Sefti Nanda Palinggi, berharap PAC Adwindo Muara Badak dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami ingin PAC Adwindo Muara Badak menjadi mitra strategis dalam menciptakan generasi muda yang inovatif, berdaya saing, dan mandiri,” ungkap Palinggi.

Event “Susur Budaya” diharapkan dapat menjadi salah satu strategi Pemkab Kukar dalam meningkatkan daya tarik wisata dan memperkuat identitas budaya daerah, sekaligus mempersiapkan Kukar sebagai destinasi wisata yang siap menyambut pembangunan IKN baru di Kalimantan Timur. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *