June 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kota Raja Running Festival: Festival Lari yang Memicu Ekonomi Kreatif dan Pariwisata di Kukar

2 min read

Ilustrasi Kota Raja Running Festival

Infoalima.com, Tenggarong – Kota Raja Running Festival yang digelar di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), tidak hanya menghadirkan perlombaan lari yang seru dan menantang, tetapi juga menjadi momentum bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meraih kesuksesan dan memperkuat ekonomi lokal.

Festival ini menghadirkan berbagai kategori lomba lari, mulai dari Kids Running 1K dan 3K, Road Running 5K, 10K, dan half marathon, hingga Fun Running yang melibatkan street running dan night running. Para peserta berlari melewati berbagai landmark Kota Raja yang ikonik, seperti Taman Kota Raja, Menara Tuah Himba, dan Titik Nol Tenggarong.

Lebih dari sekadar perlombaan, Kota Raja Running Festival menjadi wadah bagi UMKM untuk memamerkan produk dan berinteraksi dengan para pengunjung. Lapak-lapak UMKM yang berjejer di sekitar venue menjadi pusat perhatian, dan UMKM Rembulan Tenggarong Seberang menjadi salah satu yang merasakan manfaatnya.

Sugianto, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, menjelaskan visi besar di balik kemeriahan festival ini.

“Ke depan, kami ingin semua UMKM di Kukar merasakan manfaat dari festival ini,” ujarnya.

Sinergi antara pariwisata, budaya, dan UMKM menjadi fokus utama, dan UMKM Rembulan Tenggarong Seberang adalah salah satu contoh nyata yang merasakan manfaatnya.

Omzet penjualan UMKM meningkat drastis, bahkan beberapa di antaranya kewalahan melayani pembeli. Festival ini juga menjadi ajang promosi yang efektif, mendorong UMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka.

“Kami ingin menciptakan sinergi antara pariwisata, budaya, dan UMKM,” tegas Sugianto.

Kesuksesan festival-festival di Kukar adalah hasil dari sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat. Dukungan penuh Pemkab Kukar, mulai dari perizinan hingga promosi, menjadi kunci keberhasilan. Dengan berbagai festival yang terus digelar, masa depan pariwisata dan UMKM Kukar terlihat cerah.

Kabupaten ini memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan, sekaligus pusat UMKM yang kreatif dan inovatif. Festival-festival di Kukar bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi penggerak ekonomi yang berdampak nyata bagi masyarakat. Langkah kaki para pelari, sorak sorai penonton, dan keramaian pengunjung, semuanya adalah bagian dari kisah sukses Kukar dalam membangun pariwisata dan UMKM yang berkelanjutan.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *