June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Siap Gelontorkan Anggaran Tambahan, DPMD Kutai Kartanegara Memperkuat Pemberdayaan Desa

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berinovasi dalam program pemberdayaan desa. Sejak pertengahan tahun 2022, DPMD telah mengambil langkah-langkah strategis yang telah membawa perubahan signifikan dalam mendorong kemandirian desa.

Kepala DPMD, Arianto, menyatakan bahwa dari 193 desa di Kukar, tidak ada lagi desa yang berstatus tertinggal. Sebanyak 76 desa telah berhasil mencapai status mandiri, dan desa-desa lainnya sedang bergerak maju menuju status yang lebih berkembang.

Arianto menekankan dukungan yang konsisten dari Bupati Kukar yang memastikan bahwa pemerintah desa mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten. “Dukungan ini sangat penting untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Arianto.

Salah satu kebijakan progresif yang diterapkan oleh Bupati adalah peningkatan Anggaran Dana Desa (ADD) menjadi 13 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kebijakan ini diharapkan dapat memperkuat struktur pemerintahan desa dan meningkatkan kualitas layanan publik.

Bupati juga telah memberikan Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) sebagai penghargaan dan insentif untuk tenaga kesehatan, perangkat desa, dan petugas Posyandu. Ini merupakan langkah nyata dari komitmen Bupati Edi Damansyah untuk memastikan bahwa program pemerintah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

“Kami tidak hanya melakukan kunjungan kerja sebagai formalitas, tetapi sebagai kesempatan untuk mengevaluasi dan berkoordinasi dengan masyarakat desa,” kata Arianto. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa program yang dijalankan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

DPMD Kukar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Dengan anggaran yang besar dan kebijakan yang mendukung, diharapkan semua desa di Kukar akan mencapai status mandiri dalam waktu dekat. Pemberdayaan desa menjadi fokus utama dalam agenda pembangunan daerah, yang menandai komitmen serius dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Kutai Kartanegara. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *