June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Semangat Pelari Kota Raja Running Festival Dongkrak Ekonomi Lokal Tenggarong

2 min read

Ilustrasi Kota Raja Running Festival

Infoalima.com, TENGGARONG – Detak jantung Kutai Kartanegara (Kukar) tak hanya berpacu dengan langkah ribuan pelari di Kota Raja Running Festival. Di balik riuh sorak sorai dan semangat para peserta, tersimpan denyut nadi ekonomi lokal yang semakin kuat. Festival ini, bersama berbagai perhelatan lain di Kukar, telah menjelma menjadi lokomotif penggerak pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Taman Kota Raja yang biasanya tenang, akhir pekan ini, 25-26 Mei 2024, berubah menjadi lautan manusia yang bersemangat. Dari anak-anak hingga dewasa, mereka berjibaku menaklukkan berbagai kategori lari, menyusuri rute yang melewati landmark Tenggarong yang ikonik. Bukan hanya olahraga, para pelari juga diajak menikmati pesona kota bersejarah ini.

Kota Raja Running Festival menawarkan berbagai kategori, mulai dari Kids Running 1K dan 3K, Road Running 5K, 10K, dan half marathon, hingga Fun Running berupa street running dan night running. Para peserta melintasi berbagai landmark Kota Raja seperti Taman Kota Raja, Menara Tuah Himba, hingga Titik Nol Tenggarong.

Dampak positif Kota Raja Running Festival tak berhenti di garis finis. Ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah turut meramaikan hotel, restoran, dan tempat wisata di Kukar. UMKM lokal pun kebanjiran pembeli, menjajakan aneka kuliner khas dan kerajinan tangan.

“Kami jadi bisa membuka stan di sini, mempromosikan dan mengangkat produk kami,” ujar Muginem, Ketua UMKM Rembulan Tenggarong Seberang, yang merasakan langsung dampak positif festival.

Di UMKM Rembulan Tenggarong Seberang, terdapat 10 kelompok yang berasal dari Desa Mulawarman. Maraknya penyelenggaraan festival di kabupaten ini menjadi wadah mempromosikan produk-produk mereka. Muginem pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin atas dedikasi serta perhatiannya kepada sektor UMKM.

“Selama ini di era Pak Edi dan Pak Rendi, sektor UMKM menjadi terangkat,” ujar Muginem.

UMKM Rembulan Tenggarong Seberang hanyalah satu dari banyak UMKM yang ambil bagian dalam perhelatan Kota Raja Running Festival. Mereka mengisi lapak-lapak yang berjejer di sekeliling venue, bersama UMKM dari kecamatan lain di Kukar. Beberapa hari sebelumnya, UMKM-UMKM ini juga berpartisipasi di Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kabupaten Kukar ke 52 tahun 2024, di Arena UMKM Panggung Utama HKG Tenggarong Seberang. Selain dari kecamatan, lapak-lapak UMKM tersebut juga diisi dari berbagai usaha industri kreatif lainnya di kabupaten ini.

Kota Raja Running Festival menunjukkan sinergi apik antara olahraga, pariwisata, dan ekonomi lokal. Festival ini tak hanya menjadi ajang adu kemampuan para pelari, tetapi juga menjadi lokomotif penggerak roda ekonomi Tenggarong dan Kukar secara keseluruhan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *