June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dispar Kukar: Menyulam Mimpi Sinema Lokal ke Layar Dunia

2 min read

Sugiarto, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) kini tak hanya mengelola keindahan alam dan budaya sebagai destinasi wisata, tetapi juga berinovasi dalam mengorbitkan perfilman lokal ke kancah yang lebih luas. Dengan serangkaian pelatihan dan pembinaan yang digelar, Dispar Kukar punya misi besar: mendorong sineas muda Kukar untuk bersinar di kancah perfilman nasional, bahkan internasional.

Sugiarto, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Kukar, menegaskan komitmen ini. Pihaknya berkomitmen penuh mendukung 17 subsektor ekonomi kreatif di Kukar, termasuk perfilman. Langkah ini sejalan dengan arahan Bupati Kukar yang ingin memajukan seluruh sektor ekonomi kreatif, termasuk perfilman.

Komunitas Indie Tenggarong jadi salah satu yang sudah mencetak prestasi. Mereka berhasil memproduksi film dokumenter “Berdirinya Maluhu”, yang mengangkat kisah sejarah dan budaya Kutai Kartanegara. Ini membuktikan bahwa komunitas film lokal punya kapasitas besar untuk berkarya.

“Kami ingin para pelaku ekraf di Kukar bisa terus berkembang dan memanfaatkan teknologi informasi yang terus berkembang untuk belajar membuat karya yang nantinya bisa membanggakan Kukar,” tambah Sugiarto, Jumat (24/5/2024).

Dispar Kukar juga akan mensosialisasikan program-programnya kepada masyarakat luas, termasuk komunitas-komunitas film lokal, agar mereka dapat mengetahui peluang dan kesempatan yang tersedia bagi mereka.

“Kami sebagai fasilitator kegiatan selalu berupaya membina dan meningkatkan SDM sampai masyarakat bisa memanfaatkan program Bupati dan keberadaan Dispar,” pungkasnya.

Inisiatif Dispar Kukar ini patut diapresiasi. Diharapkan dengan langkah ini, perfilman Kukar dapat semakin berkembang dan melahirkan karya-karya yang berkualitas, serta mampu bersaing di tingkat yang lebih luas. Mimpi untuk melihat sineas muda Kukar berkiprah di panggung dunia kini semakin nyata dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *