June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Desa Pela: Penghormatan Kalpataru untuk Harmoni Alam dan Budaya

2 min read

Desa Pela penerima Penghargaan Kalpataru

Infoalima.com,TENGGARONG – Desa Pela, yang berada di Kecamatan Kota Bangun, telah mengukir prestasi yang membanggakan dengan meraih penghargaan Kalpataru Nasional 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Pokdarwis Bekayuh Beumbai dan Bebudaya (3B) sebagai bentuk pengakuan atas upaya mereka dalam menjaga kelestarian Sungai Mahakam dan habitat Pesut Mahakam, lumba-lumba air tawar endemik Kalimantan yang langka.

“Penghargaan Kalpataru ini adalah simbol dari usaha kami yang tak kenal lelah dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam upaya pelestarian Pesut Mahakam yang menjadi simbol kekayaan alam Kalimantan,” ungkap Ketua Pokdarwis 3B, Alimin, Jumat (24/5/2024),

Penghargaan ini bukan hanya sekedar simbol keberhasilan, tetapi juga membuka jendela peluang bagi Desa Pela untuk meningkatkan daya tarik wisatanya. Kelestarian alam yang terjaga dengan baik dan keberadaan hayati yang dilindungi menjadi daya tarik unik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman yang tidak terlupakan.

“Kami berharap penghargaan ini akan membawa Desa Pela ke panggung yang lebih luas lagi, menarik perhatian dari dalam negeri hingga ke mancanegara,” harap Alimin.

Keberhasilan Desa Pela ini menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lain di Indonesia, menunjukkan bahwa komitmen dan kerja keras dalam menjaga kelestarian alam dan budaya dapat mengangkat derajat desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara turut mengapresiasi keberhasilan Pokdarwis 3B.

“Penghargaan Kalpataru Nasional 2024 ini menandakan bahwa pengelolaan desa wisata telah dilakukan dengan baik dan berkelanjutan,” ujar Adyama Kepariwisataan dan Ekraf Ahli Muda Dispar Kukar, Airin Susanti.

Airin berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi desa-desa wisata lain di Kutai Kartanegara untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

“Mari kita bersama-sama memajukan sektor pariwisata. Dengan harapan, wisata desa akan semakin maju dan berkembang, sehingga kunjungan wisata akan terus meningkat,” pungkasnya.

Dengan penghargaan ini, Desa Pela telah menetapkan standar baru dalam pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Ini juga jadi bukti nyata bahwa pelestarian alam bisa sejalan dengan pengembangan pariwisata yang keren. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *