June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

KFBN 2024: Pesta Kebudayaan di Tenggarong yang Menggugah Kesadaran Lokal

2 min read

Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Semangat memelihara warisan budaya, Kutai Kartanegara (Kukar) bersiap menggelar perhelatan besar, Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024. Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar telah menyiapkan festival ini sebagai ajang pelestarian budaya yang akan berlangsung dari 8 hingga 13 Juli 2024.

KFBN 2024 adalah realisasi dari visi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yang terangkum dalam program “Kukar Kaya Festival” dan “Kukar Kreatif Idaman”. Festival ini akan menampilkan keragaman seni pertunjukan dari 23 kelompok paguyuban, 53 sanggar seni dari 20 kecamatan di Kukar, serta delegasi dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan 20 provinsi dari seluruh Indonesia.

Acara ini akan diselenggarakan di beberapa lokasi kunci di Tenggarong, termasuk Taman Kota Raja, Amphitheater Tenggarong, dan Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, yang diharapkan menjadi pusat kegiatan budaya yang meriah.

“Kami mengajak semua dinas pariwisata di Kalimantan Timur untuk berpartisipasi dalam festival ini sebagai upaya bersama dalam melestarikan budaya,” ungkap Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Kamis (23/5/2024).

Festival ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan pelaku ekonomi kreatif di Tenggarong dan sekitarnya, menciptakan kesempatan ekonomi sambil menjaga nilai-nilai budaya.

“KFBN 2024 diharapkan tidak hanya akan melestarikan budaya, tetapi juga akan menjadi pendorong perekonomian masyarakat,” terang Antoni,

Dirinya menambahkan bahwa festival ini ingin menunjukkan bahwa kebudayaan bisa menjadi sumber kekuatan ekonomi.

Beberapa sanggar seni telah mendapatkan undangan khusus, dan Antoni menghimbau peserta lain untuk segera mengkonfirmasi kehadiran mereka sebelum tanggal 10 Juni 2024.

“Agenda KFBN tahun ini akan lebih berwarna dengan kegiatan yang berlangsung di siang dan sore hari, termasuk lomba-lomba tradisional yang akan menambah semarak festival,” tutup Antoni.

Dispar Kukar telah berkoordinasi dengan berbagai OPD terkait, seperti Disdikbud, DiskopUKM, Disperindag, dan Dispora, untuk memastikan kesuksesan KFBN 2024. Dengan demikian, festival ini tidak hanya menjadi perayaan budaya, tetapi juga momentum untuk memajukan ekonomi kreatif di Kukar. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *