June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Inisiatif DPMD Kukar dalam Pemutakhiran Indeks Desa Membangun 2024

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sejalan dengan upaya peningkatan pembangunan desa yang berkelanjutan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mengambil langkah strategis dalam memperbaharui Indeks Desa Membangun (IDM) untuk tahun 2024. Kegiatan ini merupakan respons terhadap instruksi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Arianto, Kepala DPMD Kukar, mengungkapkan bahwa proses pemutakhiran data IDM ini adalah hasil kerjasama antar berbagai pihak, termasuk pendamping desa dan para ahli dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). “Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa data yang kami perbarui dapat mencerminkan realitas yang ada di lapangan dengan akurat,” kata Arianto.

Pemutakhiran data IDM fokus pada indeks ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Ini merupakan langkah penting untuk memahami kondisi sebenarnya dari desa-desa di Kukar. “Kami ingin memastikan bahwa setiap desa dapat dicatat dengan benar sesuai dengan kondisi nyata mereka, terutama desa yang telah mencapai kemandirian ekonomi,” tambah Arianto.

Menurut Arianto, keakuratan data sangat krusial karena akan mempengaruhi status pembangunan desa. “Kami tidak ingin ada kesalahan yang bisa menyebabkan desa yang seharusnya mandiri menjadi hanya berkembang,” katanya. Ia juga menekankan bahwa data yang akurat akan membantu dalam memberikan rekomendasi yang tepat kepada Kementerian Desa.

DPMD Kukar berkomitmen untuk mempercepat proses pemutakhiran data IDM agar dapat diselesaikan tepat waktu. “Kami berharap dengan pemutakhiran data yang cepat dan akurat, kami dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan desa yang efektif dan berkelanjutan,” tutup Arianto. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *