June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dispar Kukar Giatkan Sertifikasi Pemandu Outbound: Upaya Peningkatan Kualitas Pariwisata

1 min read

Ilustrasi wisata outbound

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) menunjukkan kesungguhan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata. Sebagai bentuk nyata dari upaya tersebut, Dispar Kukar akan menyelenggarakan sertifikasi pemandu wisata outbound pada Juni 2024 di Tenggarong.

Sertifikasi ini merupakan kelanjutan dari program peningkatan kualitas yang telah dimulai dengan sertifikasi pengelola objek wisata.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pengelola Pokdarwis dalam menyajikan layanan dan pengelolaan paket wisata outbound,” ujar Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Selasa (21/5/2024).

Sebanyak 30 peserta dari Pokdarwis di Kukar akan mengikuti sertifikasi ini, yang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia.

“Pelatihan ini akan membekali mereka dengan pengetahuan dan teknik-teknik outbound yang esensial, serta tes sertifikasi untuk memastikan standar keamanan, kesehatan, dan lingkungan terpenuhi,” lanjut Ridha.

Dispar Kukar berharap, melalui sertifikasi ini, Pokdarwis dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan pengalaman wisata outbound yang aman dan menyenangkan bagi pengunjung.

“Ini adalah langkah kami untuk memperkaya ragam pengalaman wisata dan meningkatkan daya tarik Kukar sebagai destinasi wisata petualangan,” tegas Ridha.

Pelatihan dan sertifikasi ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pokdarwis Kukar untuk meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak wisatawan, sekaligus memperkuat posisi Kukar dalam peta pariwisata nasional dan internasional.

“Dengan pemandu yang terlatih dan bersertifikat, kami optimis wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang tidak hanya berkesan tetapi juga aman saat berkunjung ke Kukar,” pungkas Ridha. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *