June 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Transformasi Desa Kedang Ipil: Langkah Maju Menuju Kemakmuran Berkelanjutan bersama Budaya terpelihara

1 min read

Foto ilustrasi

Infoalima.com, TENGGARONG – Arus modernisasi yang mengalir cepat, Desa Kedang Ipil di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak tinggal diam. Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah, yang kini memasuki periode kedua kepemimpinannya, telah menetapkan visi pembangunan yang berani dan inovatif, dengan fokus pada peningkatan infrastruktur serta pengembangan sektor pariwisata dan pertanian.

Kuspawansyah, bersama dengan Kecamatan Kota Bangun Darat, telah membangun sinergi strategis yang menghasilkan peningkatan aksesibilitas dan infrastruktur penunjang yang signifikan.

“Kami bertekad untuk membangun infrastruktur yang mampu mendukung kemajuan ekonomi Desa Kedang Ipil,” ucap Kuspawansyah, Selasa (7/5/2024).

Dengan adanya program Bantuan Khusus Desa (BKKD) dan dana sarana prasarana BKKD, desa ini telah berhasil membangun gedung serbaguna dan infrastruktur pendidikan yang layak bagi masyarakat.

“Ini adalah investasi untuk masa depan desa kami,” tambah Kuspawansyah.

Kuspawansyah juga menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian budaya. Desa Kedang Ipil secara rutin menggelar event budaya yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal.

“Kami ingin kebudayaan kami tetap hidup dan menjadi bagian dari identitas desa,” tutur Kuspawansyah.

Mengarah ke masa depan, ia menargetkan pengembangan ekonomi yang lebih luas melalui pariwisata dan pertanian. Pembangunan jalan penghubung ke lokasi pertanian dan infrastruktur pendukung objek wisata menjadi agenda utama yang akan dikejar.

“Kami optimis, dengan rencana yang telah kami susun, infrastruktur di desa kami dapat mencapai 90% pada tahun 2024. Ini akan membuka lebih banyak akses dan meningkatkan konektivitas antar desa di wilayah Kecamatan Kota Bangun Darat,” pungkas Kuspawansyah dengan penuh harapan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *