June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dispar Kukar Kebut Peningkatan SDM Pariwisata dengan Pelatihan Sertifikasi

1 min read

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mempercepat upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata. Teranyar, mereka menginisiasi pelatihan sertifikasi untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dengan fokus utama pada pemandu wisata. Inisiatif ini diharapkan akan memacu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2024.

Program yang diluncurkan oleh Dispar Kukar ini mendapat sambutan positif dari masyarakat lokal, yang melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan usaha baru di sektor pariwisata yang sedang berkembang. Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, menyampaikan bahwa program pelatihan ini telah berhasil melampaui target yang ditetapkan pada tahun sebelumnya.

“Kami mengidentifikasi potensi yang sangat besar dalam pengembangan pariwisata di Kukar. Untuk itu, kami memprioritaskan peningkatan kompetensi SDM pariwisata,” terang Ridha, Senin (6/5/2024).

Pelatihan sertifikasi ini merupakan bagian dari serangkaian upaya Dispar Kukar untuk menjawab tantangan pengembangan pariwisata. Selain pelatihan, juga akan ada pengadaan peralatan penunjang pariwisata yang dibutuhkan oleh Pokdarwis.

“Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memfasilitasi Pokdarwis agar lebih siap dalam menyambut lonjakan wisatawan,” tegas Ridha.

Dengan adanya SDM yang terlatih dan tersertifikasi, serta dukungan peralatan yang memadai, Dispar Kukar optimistis dapat mencapai target pengembangan pariwisata di semester kedua tahun ini.

“Kami yakin, dengan persiapan yang matang, pariwisata Kukar akan semakin maju dan berkembang,” tutup Ridha. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *