June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dispar Kukar Inisiasi Sertifikasi Pemandu Wisata, Tingkatkan Kualitas Layanan Pariwisata

1 min read

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) kini tengah berinovasi dengan mempersiapkan program sertifikasi bagi pemandu wisata. Program yang diarahkan kepada anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pariwisata di Kabupaten Kukar.

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, mengungkapkan bahwa program sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa para pemandu wisata memiliki kompetensi yang memadai.

“Kami sedang melakukan pendataan untuk mengetahui pemandu wisata dari Pokdarwis mana yang memenuhi syarat untuk mengikuti sertifikasi dari Badan Sertifikasi Nasional,” ujar Ridha, Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut, Ridha menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya, Dispar Kukar telah menyelenggarakan pelatihan bagi para pemandu wisata. Tahun ini, mereka yang telah mengikuti pelatihan tersebut akan diuji dan diberikan sertifikasi. Proses sertifikasi ini akan melibatkan ujian kompetensi yang harus dilewati oleh para pemandu wisata.

“Kami memiliki 56 Pokdarwis yang terdaftar, dan kami akan memberikan pendampingan kepada mereka yang ingin terlibat dalam program sertifikasi ini,” tambah Ridha.

Program sertifikasi ini diharapkan dapat menjadi langkah maju bagi Dispar Kukar dalam meningkatkan kualitas layanan pariwisata di Kukar. Dengan adanya sertifikasi, diharapkan para pemandu wisata dapat memberikan informasi dan layanan yang lebih baik kepada wisatawan, serta mendukung pengembangan pariwisata di daerah tersebut secara lebih profesional dan berkelanjutan.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *