May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Tinjauan Kinerja dan Pemanfaatan Anggaran DPMD Kukar Triwulan Pertama 2024

2 min read

Rapat Evaluasi dan Kinerja dan Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024, diruang rapat kantor DPMD Kukar.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat Evaluasi dan Pengendalian Capaian Kinerja dan Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024, diruang rapat kantor DPMD Kukar, Kamis (18/4/2024).

Rapat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, kendala yang dihadapi, serta langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dan penyerapan anggaran di masa depan.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyampaikan bahwa rapat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan minimal setiap triwulan. Namun, di tahun 2024 ini, rapat evaluasi triwulan I dimajukan karena adanya penyesuaian aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan bulan puasa.

“Rapat ini membahas capaian kinerja dan penyerapan anggaran DPMD Kukar di triwulan I tahun 2024. Masing-masing bidang memaparkan capaian program dan kegiatannya, serta kendala yang dihadapi,” Kata Arianto.

Arianto menjelaskan beberapa kendala dan hambatan yang diidentifikasi dalam rapat itu. Yakni, Penyesuaian aplikasi SIPD, bulan puasa dan kurangnya koordinasi antar instansi. Untuk mengatasi kendala dan hambatan tersebut, disepakati beberapa solusi dan langkah strategis Seperti, melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait aplikasi SIPD, meningkatkan koordinasi antar instansi dan memperkuat peran pendamping desa.

“DPMD Kukar berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dengan mitra kerja, seperti gugus tugas pendamping desa, tenaga ahli pendamping desa dan kelurahan (pendekar), dan pendamping dari Kemendes DPMD. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan DPMD Kukar,” Jelasnya.

Rapat Evaluasi dan Pengendalian Capaian Kinerja dan Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024 ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kinerja dan penyerapan anggaran DPMD Kukar. Dengan mengatasi kendala dan hambatan yang ada, serta memperkuat kolaborasi dengan mitra kerja, diharapkan DPMD Kukar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

(Adv/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *