June 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Gelora Seni di Tenggarong: Kukar Hidupkan Warisan Budaya

2 min read

Triyatma, Kabid Pemasaran Dispar Kukar saat diwawancara awak media

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah gemuruh modernitas yang tak henti, Jalan Diponegoro di Tenggarong, yang merupakan zona cagar budaya, berubah menjadi panggung estetika yang memukau. Festival seni budaya yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Kukar) ini menjadi bukti nyata dari upaya pelestarian budaya yang tak lekang oleh waktu.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, dengan penuh semangat menyampaikan bahwa festival ini merupakan manifestasi dari motivasi yang dibangun untuk menggugah sekolah-sekolah di Kukar agar lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seni dan budaya.

“Kami terhanyut dalam antusiasme dan partisipasi dari sekolah-sekolah di Kukar. Ini menandakan bahwa generasi muda kita tidak hanya berbakat, tetapi juga memiliki keinginan kuat untuk melestarikan budaya,” ujar Triyatma, Rabu (17/4/2024).

Festival ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk tidak hanya fokus pada pendidikan akademis, tetapi juga menggali dan mengembangkan potensi seni dan budaya siswa-siswanya.

“Seni dan budaya adalah identitas bangsa, bukan hanya hiburan semata. Ini adalah warisan yang harus kita jaga dan kembangkan,” tegas Triyatma.

Dengan rencana untuk menjadikan festival ini sebagai agenda tahunan, Dispar Kukar berharap dapat menciptakan platform bagi generasi muda untuk terus mengasah bakat seni mereka. Festival ini juga diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat luas tentang pentingnya melestarikan cagar budaya.

“Melalui pertunjukan seni yang digelar di cagar budaya, kami ingin masyarakat lebih menghargai dan menjaga warisan budaya,” harap Triyatma.

Festival ini menjadi bukti bahwa pendidikan seni dan budaya di sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan identitas bangsa. Dengan berbagai pertunjukan yang ditampilkan, festival ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran dan penghargaan terhadap kekayaan budaya lokal. Inisiatif ini diharapkan dapat terus memotivasi para siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat seni mereka, serta menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya bangsa. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *