June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Ini Wisata Danau di Kaltim yang Menarik Ribuan Pengunjung Selama Lebaran

2 min read

Potret Danau Semayang di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan

Infoalima.com, Tenggarong – Menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Kalimantan Timur, Danau Semayang telah menarik ribuan pengunjung selama libur Lebaran. Terletak di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, danau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di atas perairan yang luas, menjadi alasan utama banyaknya masyarakat yang berkunjung.

Mariatul Husna, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dikmalestari Desa Semayang, mengungkapkan bahwa sejak hari pertama setelah Lebaran, telah terjadi lonjakan jumlah pengunjung. Ini menandakan popularitas Danau Semayang sebagai destinasi liburan.

“Kami menyambut sekitar 500 pengunjung setiap hari, dan yang terbanyak datang dari luar daerah,” ucapnya pada Senin (15/4/2024).

Para wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan alam Danau Semayang, tetapi juga berbagai fasilitas yang disediakan oleh Pokdarwis Dikmalestari. Dengan biaya Rp 20 ribu per orang, pengunjung dapat menjelajahi danau dengan perahu yang nyaman, di mana setiap perahu dapat menampung hingga 12 orang.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan danau dari ketinggian melalui homestay yang tersedia. Dengan tarif masuk hanya Rp 3 ribu per orang, pengunjung diberikan kesempatan untuk mengambil foto dan piknik bersama keluarga di atas penginapan yang menghadap langsung ke danau.

Namun, di balik keindahan dan keseruan yang ditawarkan, Mariatul Husna menyampaikan kekhawatiran terkait dampak lingkungan yang mungkin terjadi. “Kami berharap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih pada pelestarian danau ini, agar keindahannya dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang,” imbuhnya.

Danau Semayang bukan hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga simbol dari kekayaan alam Kalimantan Timur yang harus dijaga. Dengan upaya yang tepat, danau ini diharapkan dapat terus menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dan semakin menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Dengan pesona alam yang memikat dan fasilitas yang memadai, Danau Semayang siap menyambut lebih banyak pengunjung di masa mendatang. Semoga dengan adanya dukungan dari pemerintah setempat, Danau Semayang dapat terus mempertahankan keindahannya dan menjadi salah satu ikon wisata di Kalimantan Timur yang membanggakan.  (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *