June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Transformasi Desa Loa Kulu Kota Melalui Program Rehabilitasi Rumah

2 min read

Ilustrasi perbaikan rumah dari pemerintah

Infoalima.com, Tenggarong – Sebuah langkah besar telah diambil oleh Desa Loa Kulu Kota di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup warganya. Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memberikan dorongan signifikan bagi desa ini dengan penyaluran bantuan untuk rehabilitasi rumah.

Sebanyak 41 rumah di desa ini telah mendapatkan kesempatan emas untuk direnovasi dan diperbaiki, sebuah inisiatif yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Desa Loa Kulu Kota, Hazri Hidayat, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan yang diterima pada tahun 2023.

“Program ini memberikan kesempatan bagi warga kami untuk memperbaiki kondisi rumah mereka yang sudah tidak layak huni,” ujar Hazri pada Selasa (16/4/2024).

Program ini tidak hanya terbatas pada bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. Desa Loa Kulu Kota juga telah mengambil inisiatif dengan menjalankan program bedah rumah sendiri, yang menargetkan perbaikan tiga rumah setiap tahunnya.

“Kami menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk memastikan bantuan tepat sasaran,” tambah Hazri, menegaskan komitmen desa untuk memastikan bahwa setiap bantuan yang diberikan benar-benar membantu mereka yang membutuhkan.

Dari data DTKS, terpilih 15 rumah yang akan direhabilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kukar, sementara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan 41 rumah yang memenuhi syarat. Namun, tantangan masih ada. Hazri menyatakan bahwa masih banyak rumah lain yang memerlukan bantuan serupa, terutama yang berada di bantaran sungai dan termasuk dalam area ruang terbuka hijau.

“Kami berupaya keras untuk mencari solusi, termasuk melalui Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, agar lebih banyak warga kami yang dapat merasakan manfaat dari program rehabilitasi ini,” tutup Hazri dengan nada penuh harapan.

Program BSPS ini telah menjadi katalisator perubahan di Desa Loa Kulu Kota, tidak hanya dalam hal peningkatan kondisi perumahan tetapi juga dalam peningkatan kualitas hidup warga secara keseluruhan. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan lebih banyak lagi rumah yang dapat direhabilitasi di masa yang akan datang, membawa perubahan yang berarti bagi komunitas di sana. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *