June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pantai Biru Kersik Kukar, Destinasi Wisata Andalan yang Menawan

2 min read

Potret Pantai Biru di Desa Kersik, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)

Infoalima.com, Tenggarong – Pantai Biru, terletak di Desa Kersik, Kecamatan Marang Kayu, menjadi sorotan sebagai destinasi wisata andalan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selama periode libur Lebaran 2024. Keindahan alam dan fasilitas yang ditawarkan pantai ini berhasil menarik ribuan pengunjung, mencatatkan rekor kunjungan selama musim liburan tahun ini.

Jumriana, anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Biru, mengungkapkan kegembiraannya atas peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung. Kunjungan mencapai puncaknya dengan 500 orang dalam satu hari, terutama selama libur Hari Raya Idulfitri dan cuti bersama.

“Saat ini sedang ramai pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan Timur,” ucapnya pada Senin (15/4/2024).

Pantai Biru menawarkan tarif masuk yang terjangkau, dengan Rp 10 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 30 ribu untuk kendaraan roda empat. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas, mulai dari menyelam atau snorkeling, berperahu ketinting, hingga menaiki banana boat.

“Fasilitas pendukung seperti gazebo dan musola juga telah disediakan untuk kenyamanan pengunjung,” sebutnya.

Namun, di balik kesuksesan ini, terdapat kekhawatiran akan dampak abrasi yang terjadi di Pantai Biru. Jumriana menyoroti perlunya pembangunan infrastruktur pendukung untuk mengatasi masalah ini. “Setiap tahun, 5 sampai 10 meter bibir pantai tergerus akibat abrasi, dan pohon yang telah kami tanam di pinggir pantai juga tersapu air laut,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa keberadaan tanggul atau pemecah gelombang sangat dibutuhkan untuk melindungi pantai dari kerusakan lebih lanjut. Oleh karena itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dapat segera mengambil langkah-langkah konkret untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

Pantai Biru Kersik tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menjadi simbol dari potensi wisata yang dimiliki oleh Kukar. Dengan upaya yang tepat, pantai ini diharapkan dapat terus berkembang menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dan semakin menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan pesona alam yang memikat dan fasilitas yang memadai, Pantai Biru Kersik siap menyambut lebih banyak pengunjung di masa mendatang. Semoga dengan adanya dukungan dari pemerintah setempat, Pantai Biru dapat terus mempertahankan

keindahannya dan menjadi salah satu ikon wisata di Kalimantan Timur yang membanggakan. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *