June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

IKD Kukar Melesat! Target 50 Ribu, Siap Tembus 100 Ribu dengan “Wajah Baru”

2 min read

Ilustrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) optimis mencapai target 50 ribu aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada tahun 2024. Angka ini diyakini bisa menembus 100 ribu dengan penerapan teknologi Face Recognition (FR) yang akan diterapkan di sistem pusat!

“Kami targetkan 50 ribu aktivasi IKD tahun ini. Andai sistem aktivasi Identitas Kependudukan Digital dari pusat sudah bisa menggunakan teknologi Face Recognition (FR) maka sangat mungkin targetnya bisa tembus 100 ribu,” ujar Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto, pada Selasa (2/4/2024).

Optimisme ini bukan tanpa alasan. Disdukcapil Kukar telah menunjukkan keseriusannya dalam menggalakkan proses transisi digitalisasi dengan berbagai upaya, termasuk:

Sistem pelayanan jemput bola: Layanan aktivasi IKD diantarkan langsung ke desa dan kelurahan untuk memudahkan akses bagi masyarakat.

Tingkat aktivasi yang tinggi: Hingga saat ini, tercatat 20.500 warga Kukar telah beralih ke IKD, menjadi yang tertinggi di Kalimantan Timur dengan persentase 19%.

Kerjasama dengan berbagai pihak: Disdukcapil Kukar berkolaborasi dengan kecamatan untuk memperluas jangkauan layanan aktivasi IKD.

Langkah-langkah tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengadopsi IKD.

“Percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital ini sebagai langkah memudahkan masyarakat Kukar dalam mengurus segala urusan yang berhubungan dengan adminduk,” jelas Iryanto.

Iryanto menambahkan, IKD menawarkan berbagai kemudahan, mulai dari kepraktisan karena bersifat digital hingga memuat berbagai data penting seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, Informasi Kepemilikan Kendaraan, Kartu BPJS Kesehatan, hingga kartu pemilih pada pemilihan umum 2024.

“Jangan sungkan, pokoknya datang bawa handphone minta aktifkan itu saja. Sebab, belum ada cara lain yang lebih cepat selain cara tersebut,” pungkasnya.

Dengan kombinasi strategi yang tepat dan teknologi yang mumpuni, Disdukcapil Kukar yakin dapat mencapai target aktivasi IKD yang ambisius ini. Hal ini akan menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam menghadirkan layanan publik yang mudah diakses, efisien, dan modern bagi masyarakat Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *