June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Menyongsong Pilkada 2024, Disdukcapil Kukar Hadirkan Layanan e-KTP di Desa Terpencil

1 min read

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto

Infoalima.com, Tenggarong– Menjelang Pilkada Kutai Kartanegara (Kukar) 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar mengambil langkah inovatif untuk memperluas jangkauan layanan publik.

Melalui program terbaru mereka, Disdukcapil Kukar akan menghadirkan layanan e-KTP hingga ke desa-desa terpencil di wilayahnya. Tujuannya, memastikan setiap warga Kukar, terutama di daerah terpencil, memiliki akses yang mudah ke layanan kependudukan, termasuk perekaman e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, menegaskan pentingnya program ini dalam memastikan partisipasi warga dalam proses demokrasi.

“Kami ingin setiap warga Kukar, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam Pilkada,” ujar Iryanto pada Selasa (2/4/2024).

“Dengan memperluas jangkauan layanan kami ke desa-desa, kami membuka pintu bagi lebih banyak warga untuk menggunakan hak pilih mereka,” sambungnya.

Iryanto menjelaskan, program ini tidak hanya memudahkan pengajuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tetapi juga mempercepat proses pemutakhiran data penduduk.

Lebih dari itu, inovasi ini diharapkan dapat membantu calon independen dalam mengumpulkan dukungan KTP, sebuah kendala yang sering dihadapi dalam Pilkada sebelumnya.

“Kami telah belajar dari pengalaman sebelumnya dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama,” kata Iryanto.

“Inisiatif ini adalah langkah maju kami dalam membangun sistem pelayanan publik yang lebih responsif dan demokrasi yang lebih kuat,” lanjutnya.

Dengan langkah progresif ini, Disdukcapil Kukar berharap untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan memastikan bahwa setiap suara di Kukar dapat terhitung dalam Pilkada mendatang. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *