June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar, Lentera Ekonomi Kreatif yang Menyinari Kalimantan Timur

1 min read

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo

Infoalima.com, TENGGARONG – Kutai Kartanegara (Kukar), yang kini dikenal sebagai lentera ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, terus berinovasi untuk meningkatkan sektor ini. Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo, membeberkan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan, Kukar siap menjadi mercusuar yang menyinari Kalimantan Timur (Kaltim), tidak hanya dalam hal peningkatan ekonomi, tetapi juga dalam pengembangan budaya dan identitas daerah. Kukar, dengan langkah majunya, siap menjadi ikon baru ekonomi kreatif di Kaltim.

Menurut Slamet, pengakuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menempatkan Kukar sebagai salah satu pusat ekonomi kreatif di Indonesia.

“Dari 35 Kabupaten/Kota yang mendapat pengakuan, Kukar bersama Balikpapan menjadi perwakilan Kalimantan Timur,” ujar Slamet.

Sejak 2019, Kukar telah menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Langkah penting yang telah diambil adalah penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang pembentukan Komite Ekonomi Kreatif Kutai Kartanegara.

“SK ini menjadi landasan hukum bagi kami untuk melaksanakan program dan kegiatan yang mendukung ekonomi kreatif,” terang Slamet.

Slamet optimis bahwa dengan langkah-langkah yang telah diambil, Kukar akan terus menjadi teladan dan inspirasi bagi daerah lain di Indonesia dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

“Kami bertekad untuk terus berinovasi dan menciptakan lingkungan yang mendukung para pelaku ekonomi kreatif agar mereka dapat berkembang,” tutup Slamet.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *