June 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kuliner Kutai: Dari Tenggarong untuk Indonesia

1 min read

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) kini tengah bergerak cepat dalam mengemas kekayaan kuliner lokal menjadi oleh-oleh yang dapat bertahan lama. Langkah ini diambil untuk memperkenalkan lebih luas lagi keunikan kuliner Kutai kepada wisatawan domestik maupun internasional.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar, menyatakan bahwa ada banyak potensi yang belum tergali dari kuliner Kutai.

“Kita memiliki nasi bekepor dan gence ruan yang unik, namun sayangnya belum banyak yang tahu karena keterbatasan pengemasan,” ujar Triyatma, Selasa (19/3/2024).

Menurutnya, tantangan terbesar adalah menciptakan kemasan yang dapat menjaga keawetan makanan tanpa mengurangi cita rasanya.

“Kita melihat Yogyakarta telah sukses dengan gudeg kalengnya. Kita pun ingin mencapai hal serupa untuk kuliner kita,” tambahnya.

Dispar Kukar kini sedang giat melakukan penelitian dan pengembangan untuk menemukan solusi pengemasan yang tepat.

“Kita tidak ingin hanya menjadi penonton. Kita ingin menjadi pemain utama dalam mempromosikan kuliner Indonesia,” tegas Triyatma.

Dengan inovasi yang tengah dikembangkan, Dispar Kukar berharap dapat membawa kuliner Kutai ke kancah yang lebih luas.

“Bukan hanya sebagai hidangan lezat, tetapi juga sebagai bagian dari identitas dan kebanggaan Kutai Kartanegara,” pungkas Triyatma.

Inisiatif ini diharapkan tidak hanya akan memperkaya pengalaman wisata di Kutai Kartanegara, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata. Kuliner Kutai, dengan segala keistimewaannya, siap untuk menyapa Indonesia dan dunia. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *