May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pemkot Samarinda Berupaya Tingkatkan Potensi UMKM Melalui Kreativitas dan Persaingan

1 min read

Anggota Komisi ll DPRD Samarinda, Laila Fatihah saat diwawancarai.

Infoalima.com, Samarinda – Laila Fatihah, anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, menyoroti kebutuhan mendesak untuk mendukung UMKM agar dapat bersaing dan berinovasi di pasar saat ini. Ia menekankan pentingnya bantuan dan bimbingan dari pemerintah serta sektor swasta bagi pelaku UMKM.

“Kami mengakui bahwa ada beberapa hambatan yang dihadapi UMKM, seperti perizinan usaha, sertifikat halal, dan pajak, yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah dan swasta,” kata Laila.

Laila menyarankan agar pendampingan ditingkatkan, terutama dalam hal perizinan dan perpajakan, serta mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk mereka secara online.

Selain itu, ia menyarankan UMKM untuk memanfaatkan event yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta sebagai kesempatan untuk memperkenalkan produk mereka dan mendapatkan umpan balik.

Di sisi lain, Muslimin, Kepala Disporapar Kota Samarinda, berkomitmen untuk mendukung UMKM dengan menyediakan lokasi di Alun-Alun Samarinda yang sedang dibangun.

“Kami berencana membuat Alun-Alun menjadi tempat yang nyaman dan strategis bagi UMKM untuk berjualan, meskipun pembangunannya masih berlangsung,” ujar Muslimin.

Muslimin berharap bahwa Alun-Alun akan menjadi pusat kuliner dan budaya yang tidak hanya mendukung UMKM tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

(Adv/DPRD Samarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *