May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Inisiasi Pembukaan Lahan Pertanian, 1.300 Ha Lahan Bakal Disiapkan

1 min read

Ilustrasi lahan pertanian yang digarap maksimal bakal berikan hasil melimpah.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan rencana pembukaan 1.300 hektare lahan tidur menjadi kawasan pertanian baru. Langkah strategis ini untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Inisiatif ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali lahan yang memiliki potensi pertanian namun belum digarap,” ujar Muhammad Taufik, Kepala Distanak Kukar pada Selasa (19/3/2024).

Dia menyatakan bahwa tim Satgas Darurat Pangan dari Kementerian Pertanian telah melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap kawasan yang memiliki sumber air namun belum dimanfaatkan secara optimal.

“Kami melihat ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan produksi pertanian lokal,” ujar Taufik.

Menurut pantauan data satelit, lahan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kukar ini memiliki potensi signifikan untuk perluasan tanaman. Meskipun lahan tersebut belum diverifikasi sepenuhnya di lapangan, adanya spot-spot potensial yang teridentifikasi menunjukkan peluang besar untuk pengembangan pertanian.

“Kami akan melibatkan petani setempat dalam proses pembukaan lahan ini, sehingga mereka dapat berkontribusi langsung dalam pengembangan pertanian di daerah mereka,” imbuhnya.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan baru bagi sektor pertanian di Kukar, dengan memperkuat ketahanan pangan dan membuka peluang ekonomi bagi masyarakat lokal. Langkah pembukaan lahan pertanian baru ini, merupakan upaya Kukar meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

“Tentunya sekaligus mendukung inisiatif pemerintah pusat dalam meningkatkan produksi pangan nasional,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *