May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Transformasi Pertanian Kutai Kartanegara di Bawah Kepemimpinan Edi Damansyah

2 min read

Bupati Edi Damansyah memastikan sektor pertanian di Kukar bisa maksimal berkembang.

Infoalima.com, Tenggarong – Bupati Edi Damansyah terus menunjukkan dedikasi yang tak tergoyahkan dalam memajukan sektor pertanian di Kutai Kartanegara (Kukar). Sejak awal masa jabatannya, Edi telah mengambil langkah konkret untuk memajukan sektor yang menjadi nadi perekonomian daerah ini.

Program Dedikasi yang diluncurkan Edi bukan hanya janji manis semata. Ini adalah bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung para petani.

“Kita harus memastikan bahwa pertanian di Kutai Kartanegara tidak hanya bertahan, tapi juga berkembang,” kata Edi pada Senin (18/3/2024), menegaskan visinya untuk pertanian Kukar.

Menurut Bupati Edi, pertanian adalah jantung dari Kutai Kartanegara, tidak pernah ragu untuk turun langsung ke lapangan. Ia mendengarkan keluhan petani dan mencari solusi atas tantangan yang mereka hadapi. Hasilnya, sektor pertanian di Kukar mengalami kemajuan signifikan.

Data BPS Kaltim menunjukkan bahwa pada tahun 2023, Kukar menyumbang 46,80 persen dari luas panen padi sawah di Kalimantan Timur, dengan produksi padi mencapai 106.411,09 ton. Ini merupakan 49,42 persen dari total produksi di provinsi tersebut.

“Angka-angka ini lebih dari sekadar statistik; mereka adalah cerminan dari kerja keras dan dedikasi yang tak kenal lelah,” tegasnya lagi.

Pertumbuhan PDRB dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pun menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Dari hanya 1,02 persen pada 2021, angka ini melonjak menjadi 2,91 persen pada 2023. Distribusi PDRB sektor ini juga meningkat menjadi 13,12 persen pada 2023, menandai kemajuan yang signifikan setelah sektor pertambangan dan penggalian.

Dampak positif dari kemajuan sektor pertanian terasa di seluruh Kukar. Laju pertumbuhan ekonomi yang membaik, dari hanya 2,67 persen pada 2021 menjadi 5,13 persen pada 2023, adalah salah satu indikatornya.

“Tingkat kemiskinan dan pengangguran juga menunjukkan penurunan yang berarti, mencerminkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Edi Damansyah, dengan semangat yang tak pernah padam, terus berdedikasi untuk mewujudkan visi besarnya. Visi untuk menjadikan masyarakat Kutai Kartanegara sejahtera dan berbahagia, dengan pertanian sebagai salah satu pilar utama.

“Perjalanan transformasi ekonomi di Kukar masih panjang. Mari bejuang bersama demi mencapai pelabuhan yang aman dan makmur,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *