June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Semarak Ramadan di Tenggarong: Festival yang Menghidupkan Tradisi dan Keimanan

1 min read

Festival Ramadhan di halaman parkir Masjid Agung Sultan Sulaiman

Infoalima.com, TENGGARONG – Bulan Ramadhan selalu membawa nuansa yang berbeda di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Tahun ini, Dinas Pariwisata (Dispar Kukar) mengambil inisiatif untuk menambah semarak bulan suci dengan Festival Ramadhan yang digelar di halaman parkir Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Triyatma, selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, dalam keterangannya mengatakan bahwa festival ini akan berlangsung dari 11 Maret hingga 10 April 2024.

“Kami telah berkoordinasi dengan pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman untuk memastikan acara ini berjalan dengan baik,” ujar Triyatma, Jumat (8/3/2024).

Festival ini tidak hanya sekedar perayaan, tetapi juga sarana untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan melalui berbagai lomba, termasuk lomba anak soleh. Lomba ini dirancang untuk mengajak anak-anak lebih aktif dalam menjalankan ibadah lima waktu dan tarawih.

“Peserta akan mendapatkan lembaran laporan dari Dispar, yang akan diisi oleh pengurus masjid,” tambah Triyatma.

Selain itu, Triyatma juga menyebutkan bahwa akan ada berbagai lomba lain yang akan diselenggarakan di sore dan malam hari. Dispar Kukar telah menyiapkan dua panggung, satu di Jalan Panjaitan untuk acara sore hari, dan satu lagi di depan Masjid Agung untuk acara malam hari.

“Harapan kami, Festival Ramadhan ini dapat menjadi momentum yang mengesankan dan meninggalkan jejak positif bagi masyarakat Tenggarong,” tutup Triyatma.

Dengan kegiatan yang dirancang untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan keimanan, Festival Ramadhan di Tenggarong ini diharapkan dapat menjadi bagian dari tradisi tahunan yang dinantikan oleh masyarakat setempat. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *