June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pelatihan SDM Pariwisata dan Ekraf oleh Dispar Kukar, Upaya Majukan Desa

1 min read

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Menatap tahun 2024 dengan optimisme, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengambil inisiatif penting untuk memajukan pariwisata desa dan ekonomi kreatif. Program pelatihan dan sertifikasi yang komprehensif telah direncanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor ini.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, menegaskan bahwa program ini akan mencakup pelatihan yang luas, termasuk sertifikasi untuk pemandu wisata, penjamak makanan, dan fotografi.

“Kami bertujuan untuk mengembangkan potensi pariwisata di desa-desa, dan pelatihan ini adalah langkah awal yang strategis,” ujar Triyatma, Minggu (10/3/2024).

Program ini disambut dengan antusiasme oleh masyarakat, khususnya para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami bersyukur atas partisipasi aktif mereka yang turut serta dalam pengembangan sektor pariwisata,” tambah Triyatma.

Pelatihan ini juga merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah kecamatan untuk memastikan bahwa mereka mengirimkan perwakilan yang tepat untuk mengikuti pelatihan ini,” tutup Triyatma.

Dengan program pelatihan ini, Dispar Kukar berharap dapat mendorong pertumbuhan pariwisata desa dan ekonomi kreatif, sekaligus meningkatkan kualitas SDM di Kutai Kartanegara.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *