May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Desa Sumber Sari Kukar Tawarkan Wisata Alam, Sejarah, dan Edukasi

1 min read

Desa Sumber Sari, kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Infoalima.com, TENGGARONG – Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki banyak keunggulan wisata. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewi Arum berkolaborasi dengan Pemkab dan Dispar untuk mengembangkan wisata di desa ini.

Wisata yang disediakan di Desa Sumber Sari mencakup alam, sejarah, dan edukasi. “Kita memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Kita juga memiliki peninggalan sejarah yang akan kita buat sebagai wisata. Selain itu, kita juga sedang membuat wisata edukasi,” ujar Dedi, ketua Pokdarwis Dewi Arum, Senin (19/2/2024).

Pokdarwis juga bekerjasama dengan UMKM dan PKK desa untuk menyajikan makanan dan kerajinan tangan khas desa.

“Kita bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang membuat makanan dan kerajinan tangan. Kita juga melibatkan PKK desa untuk membantu memasarkan produk-produk tersebut,” ungkap Dedi.

Meski demikian, Dedi juga mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan wisata, seperti masalah finansial dan dampak penambangan.

“Kami memerlukan bantuan dari pemerintah maupun pihak lain untuk membangun destinasi wisata di tempat kami. Kami juga khawatir dengan penambangan yang ada di sekitar destinasi wisata. Ini bisa merusak alam dan mengganggu pertanian,” pungkas Dedi. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *