May 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dewan Kota Samarinda Minta Tingkatkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa

1 min read

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Sri Puji Astuti.

Infoalima.com, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti meminta kepada pemerintah kota (Pemkot) dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mendorong sekolah-sekolah yang ada di kota Samarinda untuk meningkatkan pendidikan karakter bagi anak-anak siswa.

Diungkapkannya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir adanya tindakan kejahatan seperti tawuran, kekerasan, penganiyaan, pencurian, pemerkosaan, mabuk-mabukan, pemakaian narkoba serta kejahatan lain yang dapat dilakukan dikalangan pelajar baik perorangan maupun kelompok.

“Ini juga sebagai dukungan kita pada program pemerintah pusat terkait gerakan pendidikan berkarakter yang bertujuan agar kelak ketika beranjak dewasa sang anak dapat menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia,” Kata Puji, Selasa(13/02/2024).

Dia menambahkan, melihat maraknya perilaku perundungan atau bullying yang dilakukan anak-anak, maka peran keluarga sangat penting untuk meletakan pengetahuan terkait etika, norma dan sopan santun.

“Kita meminta agar orang tua selalu memperhatikan tumbuh kembang dan pendidikan karakter anak masing-masing karena penguatan karakter dan akhlak anak adalah hal yang harus diutamakan,”Ujarnya.

“Karena ketika kita hanya berharap pendidikan karakternya akan terbentuk di sekolah itu tidak cukup, mungkin hak memperoleh pendidikan terpenuhi tapi kita pastikan anak tumbuh dengan karakter yang baik juga butuh peran penting dari orang tua,” Tambahnya.

Dengan begitu, Puji berharap Pemerintah,pihak sekolah dan orang tua siswa dapat bekerjasama untuk menjalankan kebijakan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Samarinda, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berdampak pada pertumbuhan karakter anak. (ADV/DPRDSAMARINDA)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *